di buat oleh Slamet Riyadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : XI /
1
Alokasi Waktu : 6 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi
dan komunikasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.1 Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya
untuk keperluan akses Internet
|
III. Indikator |
:
|
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V.
Langkah Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
-
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
- Kegiatan Inti
q Mencari informasi tentang
peralatan yang diperlukan untuk mengakses internet dari literatur atau majalah
q Menjelaskan fungsi perangkat keras
q
Mengidentifikasi jenis perangkat keras untuk keperluan
akses internet
q Mencari informasi tentang jenis-jenis ethernet card
q Menyebutkan jenis-jenis
perangkat keras ethernet card
q Menjelaskan perbedaan jenis-jenis ethernet card
q Mencari informasi tentang fungsi modem dan router
q Menjelaskan fungsi modem dan
router
- Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1.
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.
Modul
Merakit Komputer
Alat : Personal computer, peripheral
VII.
Penilaian
1.
Tes
Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005
967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP.
132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
1
Alokasi Waktu : 7 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1.
Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.2
Mendeskripsikan cara akses Internet
|
III. Indikator |
:
|
·
Menjelaskan persyaratan komputer yang digunakan untuk
mengakses internet
·
Menjelaskan
peran ISP
·
Menjelaskan bagaimana cara mengakses internet atau
localhost/LAN
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
-
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
b.
Kegiatan Inti
q Mencari informasi tentang cara mengakses internet
q Menjelaskan konsep dan tata
cara untuk menghubungkan internet melalui ISP (Internet Service Provider)
q Mencari informasi tentang
peran ISP
q Menjelaskan fungsi ISP
q Mendiskusikan fungsi ISP
q Menjelaskan cara mengakses internet
q Mendemonstrasikan
langkah-langkah mengakses internet
q Menjelaskan perbedaan
internet dengan localhost/LAN
c.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1.
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.
Modul
Merakit Komputer
Alat : Personal computer, peripheral
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
1
Alokasi Waktu : 8 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan internet untuk
keperluan informasi dan komunikasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.3
Mempraktikkan akses Internet
|
III. Indikator |
:
|
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Menjelaskan cara
menghubungkan internet atau localhost/LAN dari PC
q Mendemonstrasikan cara
memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q Mencari informasi dalam
bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q Menjelaskan cara memperoleh
informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q Menjelaskan langkah-langkah
untuk memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q Mendemonstrasikan
langkah-langkah untuk memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet
atau localhost/LAN
q Mencari informasi macam-macam
browser
q Menjelaskan fungsi browser
dan pendukungnya (untuk melihat animasi dan/atau membaca dokumen di
internet/local)
q Melakukan searching pada internet atau localhost/LAN
q Mempraktikkan browsing pada internet atau localhost/LAN untuk
memperoleh informasi dalam bentuk animasi atau video
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1.
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas
XI Penerbit Erlangga
2.
Modul
Merakit Komputer
Alat :
Personal computer, peripheral, Jaringan internet
VII. Penilaian
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
1
Alokasi Waktu : 6 x
45 Menit
a. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan internet untuk
keperluan informasi dan komunikasi
|
b. Kompetensi Dasar |
:
|
1.4 Menggunakan web browser untuk memperoleh, menyimpan, dan mencetak informasi
|
c. Indikator |
:
|
·
Menjelaskan fungsi
mesin pencari (search engine)
·
Mendemonstrasikan
cara menyimpan informasi hasil browsing
·
Mendemonstrasikan
cara mencetak informasi dari hasil browsing
|
d. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
e.
Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
2. Kegiatan Inti
q Mencari informasi tentang website search engine
q Menjelaskan fungsi search engine
q Mendiskusikan cara searching
pada internet atau localhost/LAN
q Menjelaskan pengelolaan hasil
pencarian/download pada lokasi penyimpanan yang sudah ditentukan
q Mempraktikkan cara menyimpan hasil download
q Menjelaskan cara mencetak
hasil browsing
q Mempraktikkan langkah-langkah
mencetak informasi hasil browsing
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
f.
Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1.
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.
Modul
Merakit Komputer
Alat : Personal computer, peripheral,
Jaringan internet
g.
Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
1
Alokasi Waktu : 5 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan internet untuk
keperluan informasi dan komunikasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.5 Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan
komunikasi
|
III. Indikator |
:
|
·
Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
·
Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam
email
·
Mendemonstrasikan cara mengambil attachment file dan
memindahkannya pada media lain
·
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
b. Kegiatan Inti
q Menjelaskan perbedaan email berbasis pop3 dengan email berbasis web
q Mendiskusikan fungsi email
berbasis pop3 dan email berbasis web
q Menjelaskan fungsi attachment
file dalam email
q Mempraktikkan cara melakukan
attachment file dalam email
q Mempraktikkan cara melakukan
download attachment file dan memindahkannya pada media lain
c.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas
XI Penerbit Erlangga
1.
Modul
Merakit Komputer
Alat :
Personal computer, peripheral, Jaringan internet
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
2
Alokasi Waktu : 4 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
untuk menghasilkan informasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
2.1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam
perangkat lunak pengolah angka
|
III. Indikator |
:
|
·
Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat
lunak pengolah angka
·
Menerangkan fungsi menu dan
ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
·
Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
pengolah angka
·
Menampilkan menu dan ikon
yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Memberi penjelasan tentang
pengertian menu dan ikon
q Mendiskusikan fungsi menu dan
ikon
q Menunjukkan menu dan ikon
q Mendemonstrasikan cara
menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat : Personal computer
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2010
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
2
Alokasi Waktu : 8 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
untuk menghasilkan informasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
2.2
Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar,
dan diagram
|
III. Indikator |
:
|
·
Mendemonstrasikan
pembuatan spreadsheet baru
·
Melakukan
langkah dasar pengoperasian
·
Menjelaskan
formula dan fungsinya
·
Memasukkan data ke dalam cell
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2. Kegiatan
Inti
q Mengolah data angka dengan
hitungan statistik
q Mengolah data angka dengan
hitungan matematika
q Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan jenis, nama,
dan harga
q Menyaring data sayuran
q Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan harga
q Menyisipkan objek (gambar,
grafik, dsb.)
3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi
pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI.
Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul
Merakit Komputer
Alat :
Personal computer
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005
967
|
Nimbokrang, 2010
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP.
132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : X /
2
Alokasi Waktu : 8 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
2. Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
untuk menghasilkan informasi
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
2.2
Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar,
dan diagram
|
III. Indikator |
:
|
·
Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
·
Melakukan langkah dasar pengoperasian
·
Menjelaskan formula dan fungsinya
·
Memasukkan data ke dalam
cell
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Mengolah data angka dengan
hitungan statistik
q Mengolah data angka dengan
hitungan matematika
q Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan
jenis, nama, dan harga
q Menyaring data sayuran
q Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan
harga
q Menyisipkan objek (gambar,
grafik, dsb.)
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat :
Personal computer
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005
967
|
Nimbokrang, 2010
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP.
132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 5 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.2. Menggunakan menu ikon
yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
|
III. Indikator |
:
|
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan
materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q
Mempraktikkan cara membuat dokumen baru
q
Mempraktikkan cara menyimpan dokumen
q
Mempraktikkan cara mengatur ukuran halaman
q
Mempraktikkan cara mengubah warna halaman
q
Mempraktikkan cara mengatur ukuran teks
q
Mempraktikkan cara mengubah jenis dan warna teks
q
Mempraktikkan cara membuat garis
q
Mempraktikkan cara membuat
bentuk
q
Mempraktikkan cara memberikan warna pada garis
q
Mempraktikkan cara memberikan warna pada bentuk
q
Mempraktikkan cara memberikan efek sederhana pada
grafis
q
Mempraktikkan cara memberikan efek lanjutan pada grafis
q
Mempraktikkan cara mencetak dokumen grafis
q
Mempraktikkan cara menampilkan (publish) dokumen
grafis
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat : Personal computer, peripheral
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : XII / 1
Alokasi Waktu : 20 x
45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
1. Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
1.3. Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran
|
III. Indikator |
:
|
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Melakukan observasi ke pasar
sayuran Koya
q Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q Mengatur pewarnaan pada grafis
q Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q Melakukan observasi dan pemotretan di Bumi Perkemahan Waena
q Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q Mengatur pewarnaan pada grafis
q Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q Melakukan observasi ke pasar
sayuran Koya
q Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q Mengatur pewarnaan pada grafis
q Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q Melakukan pemotretan per
kelas untuk surat undangan perpisahan
q Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q Mengatur pewarnaan pada grafis
q Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat :
Personal computer, peripheral, Kamera digital, Cartdrider
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : XII
/ 2
Alokasi Waktu : 5 x 45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
2. Menggunakan perangkat lunak membuat presentasi.
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
2.1. Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perngkat luna pembuat
presentasi
|
III. Indikator |
:
|
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Menggali informasi manfaat
program presentasi
q Menggali informasi berbagai
jenis program presentasi
q Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program
presentasi
q Mencari visualisasi fungsi
menu, tools, icon
q Menunjukkan beberapa menu,
tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
q Mendemonstrasikan cara
menampilkan menu dan ikon
q Mendemonstrasikan cara
menyembunyikan menu dan ikon
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer (
Alat :
Personal computer, peripheral,
VII. Penilaian
Tes Tertulis
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan : SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran : TIK
Kelas / Semester : XII
/ 2
Alokasi Waktu : 20 x 45 Menit
I. Standar Kompetensi |
:
|
2. Menggunakan
perangkat lunak membuat presentasi.
|
II. Kompetensi Dasar |
:
|
2.2. Membuat presentasi teks
dengan variabel tabel, grafik, gambar dan diagram
|
III. Indikator |
:
|
·
Membuat presentrasi menggunakan template dan wizard
·
Membuat halaman presentasi dengan menggunakan text
box dan Wordart
·
Memodifikasi
tampilan halaman dengan memanfaatkan background.
·
Membuat presentasi dengan menyisipkan table, grafik dan
gambar
·
Memodifikasi presentasi dengan menyisipkan visual dan
video
·
Memodifikasi tampilan presentasi dengan memanfaatkan
custom animasi
·
Menggabungkan dokumen presentasi dengan menggunakan
hyperlink
·
Membuat presentasi tentang materi ciri khas daerah
setempat, untuk kemudian dipresentasikan di depan kelas
|
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
- Demontrasi
- Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q Menyiapkan halaman baru untuk membuat
presesentasi.
q
Menyimpan data file dengan nama
baru
|
q Mencermati visualisasi format teks, jenis font,
ukuran, warna, letak dll.
q Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari
tampilan presentasi
|
q Mengatur tampilan background pada tiap halaman
menggunakan slide yang tersedia.
q
Menampilkan background dengan foto/ gambar ciri
kedaerahan.
|
q Menyisipkan tabel dalam slide.
q Menyisipkan grafik dalam slide
q Menyisipkan gambar dalam slide
|
q
Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan
media di lembar presentasi
q
Memodifikasi
video visual dalam slide
|
q
Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam
tools.
q
Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan
|
q Mengabungkan dokumen antar slide
|
q Menyiapkan halaman baru untuk membuat
presesentasi.
q
Menyimpan data file dengan nama baru
q
Mencermati visualisasi format teks, jenis font, ukuran,
warna, letak dll.
q Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari
tampilan presentasi
q Mengatur tampiloan background pada tiap halaman
menggunakan slite tang tersedia.
q Menampilkan back ground dengan foto/ gambar ciri
kedaerahan.
q Menyisipkan tabel dalam slide.
q Menyisipkan grafik dalam slide
q Menyisipkan gambar dalam slide
q
Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan
media dilembar presentasi
q Memodifikasi video visual dalam slide.
q
Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam
tools.
q
Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan
q Mengabungkan dokumen antar slide
q Mengabungkan dokumen dari luar.
q Tampil di depan kelas untuk mempresentasikan
materi yang disiapkan.
|
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat :
Personal computer, peripheral, Camera digital
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Hasil Kerja
Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang
Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
|
Nimbokrang, 2009
Guru Bidang Studi TIK
Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar