di buat oleh Slamet Riyadi
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK 
Kelas / Semester        :  XI /
1
Alokasi Waktu            :  6 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi
  dan komunikasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
  1.1  Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya
  untuk keperluan akses Internet                | 
| III. Indikator | 
: | 
 | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
V.  
Langkah Pembelajaran
a.  
Kegiatan Awal
-         
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
- Kegiatan Inti
q  Mencari informasi tentang
peralatan yang diperlukan untuk mengakses internet dari literatur atau majalah
q  Menjelaskan fungsi perangkat keras
q 
Mengidentifikasi jenis perangkat keras untuk keperluan
akses internet
q  Mencari informasi tentang jenis-jenis ethernet card
q  Menyebutkan jenis-jenis
perangkat keras ethernet card
q  Menjelaskan perbedaan jenis-jenis ethernet card
q  Mencari informasi tentang fungsi modem dan router
q  Menjelaskan fungsi modem dan
router
- Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1.     
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.     
Modul
Merakit Komputer 
Alat          : Personal computer, peripheral
VII.       
Penilaian
1.     
Tes
Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005
  967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP.
  132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK 
Kelas / Semester        :  X /
1
Alokasi Waktu            :  7 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1.
  Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
   1.2 
  Mendeskripsikan cara akses Internet       | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Menjelaskan persyaratan komputer yang digunakan untuk
  mengakses internet 
·        
  Menjelaskan
  peran ISP 
·        
  Menjelaskan bagaimana cara mengakses internet atau
  localhost/LAN | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
a.
Kegiatan Awal
-         
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
b.
Kegiatan Inti
q  Mencari informasi tentang cara mengakses internet
q  Menjelaskan konsep dan tata
cara untuk menghubungkan internet melalui ISP (Internet Service Provider)
q  Mencari informasi tentang
peran ISP
q  Menjelaskan fungsi ISP
q  Mendiskusikan fungsi ISP
q  Menjelaskan cara mengakses internet
q  Mendemonstrasikan
langkah-langkah mengakses internet
q  Menjelaskan perbedaan
internet dengan localhost/LAN
c.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1.     
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.     
Modul
Merakit Komputer 
Alat          : Personal computer, peripheral
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
1
Alokasi Waktu            :  8 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1. Menggunakan internet untuk
  keperluan informasi dan komunikasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
  
  1.3
   Mempraktikkan akses Internet  | 
| III. Indikator | 
: | 
 | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.    
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q  Menjelaskan cara
menghubungkan internet atau localhost/LAN dari PC
q  Mendemonstrasikan cara
memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q  Mencari informasi dalam
bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan cara memperoleh
informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan langkah-langkah
untuk memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q  Mendemonstrasikan
langkah-langkah untuk memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet
atau localhost/LAN
q  Mencari informasi macam-macam
browser 
q  Menjelaskan fungsi browser
dan pendukungnya (untuk melihat animasi dan/atau membaca dokumen di
internet/local)
q  Melakukan searching pada internet atau localhost/LAN
q  Mempraktikkan browsing pada internet atau localhost/LAN untuk
memperoleh informasi dalam bentuk animasi atau video
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1.              
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi  Kelas
XI Penerbit Erlangga
2.     
Modul
Merakit Komputer 
         Alat             :
Personal computer, peripheral, Jaringan internet
VII. Penilaian
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
1
Alokasi Waktu            :  6 x
45 Menit
| a. Standar Kompetensi | 
: | 
1. Menggunakan internet untuk
  keperluan informasi dan komunikasi | 
| b. Kompetensi Dasar | 
: | 
  
  1.4     Menggunakan web browser untuk  memperoleh, menyimpan, dan mencetak  informasi | 
| c. Indikator | 
: | 
·        
  Menjelaskan fungsi
  mesin pencari (search engine) 
·        
  Mendemonstrasikan
  cara menyimpan informasi hasil browsing 
·        
  Mendemonstrasikan
  cara mencetak informasi dari hasil browsing | 
d. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
e.  
Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a.    
Informasi
tentang SK, KD dan materi yang dipelajari
   2. Kegiatan Inti
q  Mencari informasi tentang website search engine
q  Menjelaskan fungsi search engine
q  Mendiskusikan cara searching
pada internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan pengelolaan hasil
pencarian/download pada lokasi penyimpanan yang sudah ditentukan
q  Mempraktikkan cara menyimpan hasil download
q  Menjelaskan cara mencetak
hasil browsing
q  Mempraktikkan langkah-langkah
mencetak informasi hasil browsing
3.   
 Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
f.    
Sumber, Alat dan Bahan
Sumber: 
1.     
Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.     
Modul
Merakit Komputer 
Alat          : Personal computer, peripheral,
Jaringan internet
g.  
Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
1
Alokasi Waktu            :  5 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1. Menggunakan internet untuk
  keperluan informasi dan komunikasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
1.5        Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan
  komunikasi  | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi 
·        
  Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam
  email 
·        
  Mendemonstrasikan cara mengambil attachment file dan
  memindahkannya pada media lain 
·        
    | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
b. Kegiatan Inti
q  Menjelaskan perbedaan email berbasis pop3 dengan email berbasis web
q  Mendiskusikan fungsi email
berbasis pop3 dan email berbasis web
q  Menjelaskan fungsi attachment
file dalam email
q  Mempraktikkan cara melakukan
attachment file dalam email
q  Mempraktikkan cara melakukan
download attachment file dan memindahkannya pada media lain
c.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1.  Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas
XI Penerbit Erlangga
1.     
Modul
Merakit Komputer 
      Alat    :
Personal computer, peripheral, Jaringan internet
VII. Penilaian
 Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
2
Alokasi Waktu            :  4 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
  untuk menghasilkan informasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
2.1.  Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam
  perangkat lunak pengolah angka | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat
  lunak pengolah angka 
·        
  Menerangkan fungsi menu dan
  ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka 
·        
  Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak
  pengolah angka 
·        
  Menampilkan menu dan ikon
  yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan   | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q  Memberi penjelasan tentang
pengertian menu dan ikon
q  Mendiskusikan fungsi menu dan
ikon
q  Menunjukkan menu dan ikon
q  Mendemonstrasikan cara
menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer 
Alat          : Personal computer 
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2010 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
2
Alokasi Waktu            :  8 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
  untuk menghasilkan informasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
2.2
  Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar,
  dan diagram | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Mendemonstrasikan
  pembuatan spreadsheet baru 
·        
  Melakukan
  langkah dasar pengoperasian 
·        
  Menjelaskan
  formula dan fungsinya 
·        
  Memasukkan data ke dalam cell | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
      1. Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
      2. Kegiatan
Inti
q  Mengolah data angka dengan
hitungan statistik
q  Mengolah data angka dengan
hitungan matematika
q  Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan jenis, nama,
dan harga
q  Menyaring data sayuran
q  Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan harga
q  Menyisipkan objek (gambar,
grafik, dsb.)
 3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi
pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI.
Sumber, Alat dan Bahan
Sumber: 
1. Buku
Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul
Merakit Komputer 
    Alat      :
Personal computer 
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005
  967 | 
Nimbokrang,                          2010 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP.
  132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X /
2
Alokasi Waktu            :  8 x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka
  untuk menghasilkan informasi | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
2.2
  Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar,
  dan diagram | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru 
·        
  Melakukan langkah dasar pengoperasian 
·        
  Menjelaskan formula dan fungsinya 
·        
  Memasukkan data ke dalam
  cell | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
         2.
Kegiatan Inti
q  Mengolah data angka dengan
hitungan statistik
q  Mengolah data angka dengan
hitungan matematika
q  Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan
jenis, nama, dan harga
q  Menyaring data sayuran
q  Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan
harga
q  Menyisipkan objek (gambar,
grafik, dsb.)
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber: 
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer 
    Alat      :
Personal computer 
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005
  967 | 
Nimbokrang,                          2010 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP.
  132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         : TIK
Kelas / Semester        : XII / 1
Alokasi Waktu            : 5  x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1.         Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
1.2.   Menggunakan menu ikon 
  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis                 | 
| III. Indikator | 
: | 
 | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan
materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q 
Mempraktikkan cara membuat dokumen baru
q 
Mempraktikkan cara menyimpan dokumen
q 
Mempraktikkan cara mengatur ukuran halaman
q 
Mempraktikkan cara mengubah warna halaman
q 
Mempraktikkan cara mengatur ukuran teks
q 
Mempraktikkan cara mengubah jenis dan warna teks
q 
Mempraktikkan cara membuat garis
q 
Mempraktikkan cara membuat
bentuk
q 
Mempraktikkan cara memberikan warna pada garis
q 
Mempraktikkan cara memberikan warna pada bentuk
q 
Mempraktikkan cara memberikan efek sederhana pada
grafis
q 
Mempraktikkan cara memberikan efek lanjutan pada grafis
q 
Mempraktikkan cara mencetak dokumen grafis
q 
Mempraktikkan cara menampilkan (publish) dokumen
grafis
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer 
Alat          : Personal computer, peripheral
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         : TIK
Kelas / Semester        : XII / 1
Alokasi Waktu            : 20  x
45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
1.         Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik. | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
1.3.   Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran            | 
| III. Indikator | 
: | 
 | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q  Melakukan observasi ke pasar
sayuran Koya
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan observasi dan pemotretan di Bumi Perkemahan Waena
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan observasi ke pasar
sayuran Koya 
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan pemotretan per
kelas untuk surat undangan perpisahan
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan
bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan
lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer 
    Alat      :
Personal computer, peripheral, Kamera digital, Cartdrider
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  XII
/ 2
Alokasi Waktu            :  5  x 45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
2.         Menggunakan perangkat lunak membuat presentasi. | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
2.1.   Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perngkat luna pembuat
  presentasi             | 
| III. Indikator | 
: | 
 | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
   
- Siswa aktif
b. Strategi
   
- Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-      Demontrasi
-      Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
q  Menggali informasi manfaat
program presentasi
q  Menggali informasi berbagai
jenis program presentasi
q  Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program
presentasi
q  Mencari visualisasi fungsi
menu, tools, icon 
q  Menunjukkan beberapa menu,
tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
q  Mendemonstrasikan cara
menampilkan menu dan ikon
q  Mendemonstrasikan cara
menyembunyikan menu dan ikon
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer (
    Alat      :
Personal computer, peripheral, 
VII. Penilaian
Tes Tertulis 
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG 
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  XII
/ 2
Alokasi Waktu            :  20  x 45 Menit
| I. Standar Kompetensi | 
: | 
2.  Menggunakan
  perangkat lunak membuat presentasi. | 
| II. Kompetensi Dasar | 
: | 
2.2. Membuat presentasi teks
  dengan variabel tabel, grafik, gambar dan diagram        | 
| III. Indikator | 
: | 
·        
  Membuat presentrasi menggunakan template dan wizard 
·        
  Membuat  halaman presentasi dengan menggunakan text
  box dan Wordart 
·        
  Memodifikasi
  tampilan halaman dengan memanfaatkan background. 
·        
  Membuat presentasi dengan menyisipkan table, grafik dan
  gambar 
·        
  Memodifikasi presentasi dengan menyisipkan visual dan
  video 
·        
  Memodifikasi tampilan presentasi dengan memanfaatkan
  custom animasi 
·        
  Menggabungkan dokumen presentasi dengan menggunakan
  hyperlink 
·        
  Membuat presentasi tentang materi ciri khas daerah
  setempat, untuk kemudian dipresentasikan di depan kelas | 
IV. Pendekatan, Strategi dan Metode
a. Pendekatan
- Siswa aktif
b. Strategi
      - Cooperative Learning
c. Metode Pembelajaran
-  Demontrasi
-  Diskusi
V. Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD
dan materi yang dipelajari
2.
Kegiatan Inti
| 
q  Menyiapkan halaman baru untuk membuat
  presesentasi. 
q 
  Menyimpan data file dengan nama
  baru | 
| 
q  Mencermati visualisasi format teks, jenis font,
  ukuran, warna, letak dll. 
q  Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari
  tampilan presentasi | 
| 
q  Mengatur tampilan background pada tiap halaman
  menggunakan slide yang tersedia. 
q 
  Menampilkan background dengan foto/ gambar ciri
  kedaerahan. | 
| 
q  Menyisipkan tabel dalam slide. 
q  Menyisipkan grafik dalam slide 
q  Menyisipkan gambar dalam slide | 
| 
q 
  Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan
  media di lembar presentasi 
q 
  Memodifikasi
  video visual dalam slide | 
| 
q 
  Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam
  tools. 
q 
  Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan | 
| 
q  Mengabungkan dokumen antar slide | 
| 
q  Menyiapkan halaman baru untuk membuat
  presesentasi. 
q 
  Menyimpan data file dengan nama baru 
q 
  Mencermati visualisasi format teks, jenis font, ukuran,
  warna, letak dll. 
q  Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari
  tampilan presentasi 
q  Mengatur tampiloan background pada tiap halaman
  menggunakan slite tang tersedia. 
q  Menampilkan back ground dengan foto/ gambar ciri
  kedaerahan. 
q  Menyisipkan tabel dalam slide. 
q  Menyisipkan grafik dalam slide 
q  Menyisipkan gambar dalam slide 
q 
  Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan
  media dilembar presentasi 
q  Memodifikasi video visual dalam slide. 
q 
  Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam
  tools. 
q 
  Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan 
q  Mengabungkan dokumen antar slide 
q  Mengabungkan dokumen dari luar. 
q  Tampil di depan kelas untuk mempresentasikan
  materi yang disiapkan. | 
3.
Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman
siswa mengenai materi yang telah dipelajari.
VI. Sumber,
Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi
dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer 
Alat :
Personal computer, peripheral, Camera digital
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis 
2. Tes Hasil Kerja
| 
Mengetahui, 
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang 
Drs. Sumarno 
NIP. 132 005 967 | 
Nimbokrang,                          2009 
Guru Bidang Studi TIK 
Slamet Riyadi, S.Pd 
NIP. 132154 026 | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar