Minggu, 10 Juni 2012

RPP TIK KLS XI

silahkan coppy RPP TIK Kls XI SMA Yapis Nimbokrang
di buat oleh Slamet Riyadi


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  XI / 1
Alokasi Waktu            :  6 x 45 Menit

I.      Standar Kompetensi

:
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

II.    Kompetensi Dasar

:
  1.1  Menjelaskan berbagai perangkat keras dan fungsinya untuk keperluan akses Internet              

III.   Indikator

:
  • Menjelaskan gambar perangkat keras yang digunakan untuk akses internet
  • Menjelaskan fungsi ethernet card
  • Menjelaskan perbedaan modem dan router

IV.  Pendekatan, Strategi dan Metode

a.     Pendekatan

- Siswa aktif

b.     Strategi

- Cooperative Learning

c.     Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

V.   Langkah Pembelajaran
a.   Kegiatan Awal
-          Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

  1. Kegiatan Inti
q  Mencari informasi tentang peralatan yang diperlukan untuk mengakses internet dari literatur atau majalah
q  Menjelaskan fungsi perangkat keras
q  Mengidentifikasi jenis perangkat keras untuk keperluan akses internet
q  Mencari informasi tentang jenis-jenis ethernet card
q  Menyebutkan jenis-jenis perangkat keras ethernet card
q  Menjelaskan perbedaan jenis-jenis ethernet card
q  Mencari informasi tentang fungsi modem dan router
q  Menjelaskan fungsi modem dan router


  1. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.


VI. Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1.      Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.      Modul Merakit Komputer
Alat          : Personal computer, peripheral


VII.        Penilaian
1.      Tes Tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009

Guru Bidang Studi TIK




Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 1
Alokasi Waktu            :  7 x 45 Menit

I. Standar Kompetensi

:
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

II. Kompetensi Dasar

:
   1.2  Mendeskripsikan cara akses Internet     

III. Indikator

:
·         Menjelaskan persyaratan komputer yang digunakan untuk mengakses internet
·         Menjelaskan peran ISP
·         Menjelaskan bagaimana cara mengakses internet atau localhost/LAN

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

V. Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
-          Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

b. Kegiatan Inti

q  Mencari informasi tentang cara mengakses internet
q  Menjelaskan konsep dan tata cara untuk menghubungkan internet melalui ISP (Internet Service Provider)
q  Mencari informasi tentang peran ISP
q  Menjelaskan fungsi ISP
q  Mendiskusikan fungsi ISP
q  Menjelaskan cara mengakses internet
q  Mendemonstrasikan langkah-langkah mengakses internet
q  Menjelaskan perbedaan internet dengan localhost/LAN


c. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1.      Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.      Modul Merakit Komputer
Alat          : Personal computer, peripheral

VII. Penilaian
Tes Tertulis


Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 1
Alokasi Waktu            :  8 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

II. Kompetensi Dasar

:
   1.3  Mempraktikkan akses Internet

III. Indikator

:
  • Menjelaskan cara memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
  • Mendemonstrasikan cara memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
  • Mendemonstrasikan cara mencari informasi dalam bentuk animasi atau video di internet atau localhost/LAN

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a.     Pendekatan

- Siswa aktif

b.     Strategi

- Cooperative Learning

c.     Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a.     Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

2. Kegiatan Inti
q  Menjelaskan cara menghubungkan internet atau localhost/LAN dari PC
q  Mendemonstrasikan cara memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q  Mencari informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan cara memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan langkah-langkah untuk memperoleh informasi melalui internet atau localhost/LAN
q  Mendemonstrasikan langkah-langkah untuk memperoleh informasi dalam bentuk gambar melalui internet atau localhost/LAN
q  Mencari informasi macam-macam browser
q  Menjelaskan fungsi browser dan pendukungnya (untuk melihat animasi dan/atau membaca dokumen di internet/local)
q  Melakukan searching pada internet atau localhost/LAN
q  Mempraktikkan browsing pada internet atau localhost/LAN untuk memperoleh informasi dalam bentuk animasi atau video

3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1.               Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi  Kelas XI Penerbit Erlangga
2.      Modul Merakit Komputer
         Alat             : Personal computer, peripheral, Jaringan internet

VII. Penilaian



Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang




Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 1
Alokasi Waktu            :  6 x 45 Menit


a.        Standar Kompetensi

:
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

b.        Kompetensi Dasar

:
   1.4     Menggunakan web browser untuk  memperoleh, menyimpan, dan mencetak  informasi

c.        Indikator

:
·         Menjelaskan fungsi mesin pencari (search engine)
·         Mendemonstrasikan cara menyimpan informasi hasil browsing
·         Mendemonstrasikan cara mencetak informasi dari hasil browsing

d.        Pendekatan, Strategi dan Metode

a.     Pendekatan

- Siswa aktif

b.     Strategi

- Cooperative Learning

c.     Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

e.   Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a.     Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

   2. Kegiatan Inti
q  Mencari informasi tentang website search engine
q  Menjelaskan fungsi search engine
q  Mendiskusikan cara searching pada internet atau localhost/LAN
q  Menjelaskan pengelolaan hasil pencarian/download pada lokasi penyimpanan yang sudah ditentukan
q  Mempraktikkan cara menyimpan hasil download
q  Menjelaskan cara mencetak hasil browsing
q  Mempraktikkan langkah-langkah mencetak informasi hasil browsing
3.     Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

f.     Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1.      Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2.      Modul Merakit Komputer
Alat          : Personal computer, peripheral, Jaringan internet

g.   Penilaian

Tes Tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 1
Alokasi Waktu            :  5 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
1. Menggunakan internet untuk keperluan informasi dan komunikasi

II. Kompetensi Dasar

:
1.5        Menggunakan e-mail untuk keperluan informasi dan komunikasi

III. Indikator

:
·         Menjelaskan fungsi email sebagai alat komunikasi
·         Mendemonstrasikan untuk melakukan attachment file dalam email
·         Mendemonstrasikan cara mengambil attachment file dan memindahkannya pada media lain
·          

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal

a. Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

b. Kegiatan Inti

q  Menjelaskan perbedaan email berbasis pop3 dengan email berbasis web
q  Mendiskusikan fungsi email berbasis pop3 dan email berbasis web
q  Menjelaskan fungsi attachment file dalam email
q  Mempraktikkan cara melakukan attachment file dalam email
q  Mempraktikkan cara melakukan download attachment file dan memindahkannya pada media lain


c. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1.  Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
1.      Modul Merakit Komputer
      Alat    : Personal computer, peripheral, Jaringan internet

VII. Penilaian

 Tes Tertulis



Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang




Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK




Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu            :  4 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi


II. Kompetensi Dasar

:
2.1.  Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka

III. Indikator

:
·         Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
·         Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
·         Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pengolah angka
·         Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan 

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

2. Kegiatan Inti
q  Memberi penjelasan tentang pengertian menu dan ikon
q  Mendiskusikan fungsi menu dan ikon
q  Menunjukkan menu dan ikon
q  Mendemonstrasikan cara menampilkan dan menyembunyikan menu dan ikon

3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat          : Personal computer

VII. Penilaian

Tes Tertulis


Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2010


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu            :  8 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi

II. Kompetensi Dasar

:
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

III. Indikator

:
·         Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
·         Melakukan langkah dasar pengoperasian
·         Menjelaskan formula dan fungsinya
·         Memasukkan data ke dalam cell

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran
      
      1. Kegiatan Awal

a. Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

      2. Kegiatan Inti

q  Mengolah data angka dengan hitungan statistik
q  Mengolah data angka dengan hitungan matematika
q  Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan jenis, nama, dan harga
q  Menyaring data sayuran
q  Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan harga
q  Menyisipkan objek (gambar, grafik, dsb.)
    

 3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
    Alat      : Personal computer

VII. Penilaian
Tes Tertulis


Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2010

Guru Bidang Studi TIK




Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  X / 2
Alokasi Waktu            :  8 x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
2.    Menggunakan perangkat lunak pengolah angka untuk menghasilkan informasi


II. Kompetensi Dasar

:
2.2 Membuat dokumen pengolah angka dengan variasi teks, tabel, grafik, gambar, dan diagram

III. Indikator

:
·         Mendemonstrasikan pembuatan spreadsheet baru
·         Melakukan langkah dasar pengoperasian
·         Menjelaskan formula dan fungsinya
·         Memasukkan data ke dalam cell

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

 b. Strategi

- Cooperative Learning

 c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

         2. Kegiatan Inti
q  Mengolah data angka dengan hitungan statistik
q  Mengolah data angka dengan hitungan matematika
q  Mengurutkan data sayuran dan kacang-kacangan berdasarkan jenis, nama, dan harga
q  Menyaring data sayuran
q  Menyajikan grafik berdasarkan jenis, jumlah, dan harga
q  Menyisipkan objek (gambar, grafik, dsb.)


3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XI Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
    Alat      : Personal computer

VII. Penilaian
Tes Tertulis




Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang




Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2010


Guru Bidang Studi TIK




Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         : TIK
Kelas / Semester        : XII / 1
Alokasi Waktu            : 5  x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
1.         Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.

II. Kompetensi Dasar

:
1.2.   Menggunakan menu ikon  yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis               

III. Indikator

:
  • Mendemonstrasikan pembuatan dokumen baru
  • Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan halaman
  • Memodifikasi pengaturan dan pewarnaan teks
  • Memodifikasi pembuatan garis dan bentuk
  • Memodifikasi pewarnaan pada grafis
  • Mendemonstrasikan pemberian efek khusus pada grafis
  • Mendemonstrasikan pencetakan dan penampilan (publish) grafis

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

2. Kegiatan Inti
q  Mempraktikkan cara membuat dokumen baru
q  Mempraktikkan cara menyimpan dokumen
q  Mempraktikkan cara mengatur ukuran halaman
q  Mempraktikkan cara mengubah warna halaman
q  Mempraktikkan cara mengatur ukuran teks
q  Mempraktikkan cara mengubah jenis dan warna teks
q  Mempraktikkan cara membuat garis
q  Mempraktikkan cara membuat bentuk
q  Mempraktikkan cara memberikan warna pada garis
q  Mempraktikkan cara memberikan warna pada bentuk
q  Mempraktikkan cara memberikan efek sederhana pada grafis
q  Mempraktikkan cara memberikan efek lanjutan pada grafis
q  Mempraktikkan cara mencetak dokumen grafis
q  Mempraktikkan cara menampilkan (publish) dokumen grafis

3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat          : Personal computer, peripheral

VII. Penilaian
Tes Tertulis




Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         : TIK
Kelas / Semester        : XII / 1
Alokasi Waktu            : 20  x 45 Menit


I. Standar Kompetensi

:
1.         Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafik.

II. Kompetensi Dasar

:
1.3.   Membuat grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk, dan ukuran          

III. Indikator

:
  • Membuat beberapa kreasi grafis
  • Membuat sebuah karya fotografi
  • Membuat leaflet
  • Membuat surat undangan

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

b. Strategi

- Cooperative Learning

c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

2. Kegiatan Inti
q  Melakukan observasi ke pasar sayuran Koya
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan observasi dan pemotretan di Bumi Perkemahan Waena
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan observasi ke pasar sayuran Koya
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis
q  Melakukan pemotretan per kelas untuk surat undangan perpisahan
q  Mengatur tampilan ukuran dan warna halaman
q  Mengatur jenis, warna dan ukuran teks
q  Membuat kreasi grafis dengan menggabungkan dan memodifikasi garis dan bentuk
q  Mengatur pewarnaan pada grafis
q  Menerapkan efek sederhana dan lanjutan pada grafis
q  Melakukan pencetakan dan/atau penampilan (publish) grafis


3. Kegiatan Akhir

Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan
Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
    Alat      : Personal computer, peripheral, Kamera digital, Cartdrider

VII. Penilaian
Tes Tertulis

Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  XII / 2
Alokasi Waktu            :  5  x 45 Menit

I. Standar Kompetensi

:
2.         Menggunakan perangkat lunak membuat presentasi.

II. Kompetensi Dasar

:
2.1.   Menggunakan menu ikon yang terdapat dalam perngkat luna pembuat presentasi           

III. Indikator

:
  • Menjelaskan manfaat program presentasi
  • Mendidentifikasi fungsi menu, tools dan ikon dalam program presentsi
  • Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

    - Siswa aktif

 b. Strategi

    - Cooperative Learning

 c. Metode Pembelajaran

-      Demontrasi
-      Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari

2. Kegiatan Inti
q  Menggali informasi manfaat program presentasi
q  Menggali informasi berbagai jenis program presentasi
q  Diskusi kelompok tentang fungsi dan jenis program presentasi
q  Mencari visualisasi fungsi menu, tools, icon
q  Menunjukkan beberapa menu, tools dan icon sesuai dengan fungsinya.
q  Mendemonstrasikan cara menampilkan menu dan ikon
q  Mendemonstrasikan cara menyembunyikan menu dan ikon



3. Kegiatan Akhir
Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer (
    Alat      : Personal computer, peripheral,

VII. Penilaian
Tes Tertulis




Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan   :  SMA YAPIS NIMBOKRANG
Mata Pelajaran         :  TIK
Kelas / Semester        :  XII / 2
Alokasi Waktu            :  20  x 45 Menit

I. Standar Kompetensi

:
2.  Menggunakan perangkat lunak membuat presentasi.

II. Kompetensi Dasar

:
2.2. Membuat presentasi teks dengan variabel tabel, grafik, gambar dan diagram      

III. Indikator

:
·         Membuat presentrasi menggunakan template dan wizard
·         Membuat  halaman presentasi dengan menggunakan text box dan Wordart
·         Memodifikasi tampilan halaman dengan memanfaatkan background.
·         Membuat presentasi dengan menyisipkan table, grafik dan gambar
·         Memodifikasi presentasi dengan menyisipkan visual dan video
·         Memodifikasi tampilan presentasi dengan memanfaatkan custom animasi
·         Menggabungkan dokumen presentasi dengan menggunakan hyperlink
·         Membuat presentasi tentang materi ciri khas daerah setempat, untuk kemudian dipresentasikan di depan kelas

 

IV. Pendekatan, Strategi dan Metode

a. Pendekatan

- Siswa aktif

 b. Strategi

      - Cooperative Learning

 c. Metode Pembelajaran

-  Demontrasi
-  Diskusi

V. Langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
Informasi tentang SK, KD dan materi yang dipelajari



2. Kegiatan Inti

q  Menyiapkan halaman baru untuk membuat presesentasi.
q  Menyimpan data file dengan nama baru
q  Mencermati visualisasi format teks, jenis font, ukuran, warna, letak dll.
q  Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari tampilan presentasi
q  Mengatur tampilan background pada tiap halaman menggunakan slide yang tersedia.
q  Menampilkan background dengan foto/ gambar ciri kedaerahan.
q  Menyisipkan tabel dalam slide.
q  Menyisipkan grafik dalam slide
q  Menyisipkan gambar dalam slide
q  Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan media di lembar presentasi
q  Memodifikasi video visual dalam slide
q  Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam tools.
q  Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan
q  Mengabungkan dokumen antar slide
q  Menyiapkan halaman baru untuk membuat presesentasi.
q  Menyimpan data file dengan nama baru
q  Mencermati visualisasi format teks, jenis font, ukuran, warna, letak dll.
q  Memanfaatkan wordart sebagai bagian dari tampilan presentasi
q  Mengatur tampiloan background pada tiap halaman menggunakan slite tang tersedia.
q  Menampilkan back ground dengan foto/ gambar ciri kedaerahan.
q  Menyisipkan tabel dalam slide.
q  Menyisipkan grafik dalam slide
q  Menyisipkan gambar dalam slide
q  Menempatkan objek, audio, dari berbagai sumber dan media dilembar presentasi
q  Memodifikasi video visual dalam slide.
q  Mengatur tampilan slide dengan animasi yang ada dalam tools.
q  Mengatur waktu tampilan slide sesuai kebutuhan
q  Mengabungkan dokumen antar slide
q  Mengabungkan dokumen dari luar.
q  Tampil di depan kelas untuk mempresentasikan materi yang disiapkan.


3. Kegiatan Akhir

Mengevaluasi pemahaman siswa mengenai materi yang telah dipelajari.

VI. Sumber, Alat dan Bahan

Sumber:
1. Buku Tehnologi Informasi dan Komunikasi Kelas XII Penerbit Erlangga
2. Modul Merakit Komputer
Alat : Personal computer, peripheral, Camera digital


VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Tes Hasil Kerja




Mengetahui,
Kepala SMA YAPIS Nimbokrang



Drs. Sumarno
NIP. 132 005 967
Nimbokrang,                          2009


Guru Bidang Studi TIK



Slamet Riyadi, S.Pd
NIP. 132154 026


Tidak ada komentar:

Posting Komentar