RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SD Inpres Kuipons
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas : V (Lima)
Semester : I (Satu)
Standar Kompetensi
1. Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Kompetensi Dasar
1.2. Menjelaskan pentingnya keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia.
Indikator
§ Mampu menjelaskan cara-cara
yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI.
Alokasi Waktu: 2 x 35 menit (1 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
§ Siswa dapat menjelaskan cara-cara
yang dapat dilakukan untuk menjaga
keutuhan NKRI.
B. Materi Ajar
§ Cara
menjaga keutuhan Indonesia
C. Metode Pembelajaran
§ Ceramah.
§ Tanya jawab.
§ Diskusi kelas.
§ Penugasan.
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
§ Kegiatan Awal
–
Siswa dan guru berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
untuk mengawali pelajaran.
–
Apersepsi
Guru
mengajak siswa menyanyi lagu “Dari Sabang Sampai Merauke” dengan penuh khidmat
dan semangat.
–
Guru bertanya kepada siswa apa makna dari lagu
tersebut?
§
Kegiatan Inti
–
Guru menjelaskan cara-cara yang dapat
dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI.
Yaitu :
1. Menjaga wilayah dan kekayaan tanah air Indonesia
2. Saling menghormati perbedaan
3. Mempertahankan kesamaan dan kebersamaan
4. Menaati peraturan
–
Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
–
Siswa diberikan kesempatan
untuk bertanya hal yang belum dipahami.
–
Siswa diminta memperhatikan
gambar yang ditempelkan guru di papan tulis.
–
mengatur kelas diskusi dan membagi jumlah siswa dalam kelompok kecil.
–
Siswa mendiskusikan masalah dalam gambar dengan
panduan guru.
–
Siswa menceritakan hasil diskusi secara bergiliran di depan teman-teman.
–
Siswa lain menanggapi hasil diskusi kelompok teman.
§ Kegiatan Penutup
–
Siswa dan guru bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari dalam
pertemuan itu untuk
mengetahui pencapaian indikator dan Kompetensi Dasar.
–
Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
E. Alat/Sumber/Bahan Belajar
§
Buku paket (Buku Pendidikan
Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas V, Setiati Widihastuti dan Fajar
Rahyuningsih, penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional hlm. 15—18.
§
Lagu ”Dari Sabang Sampai Merauke”.
§
Gambar
F. Penilaian
Teknik :
tugas berkelompok.
Bentuk Instrumen : penilaian lisan dan tertulis.
Instrumen :
1.
Upaya menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah tugas . . . .
2.
Negara yang rakyatnya tidak bersatu lama kelamaan akan menjadi . . . .
3.
Kegiatan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungan setempat pada malam
hari disebut . . . .
4.
Agar masyarakat aman dan tentram, maka semua warga masyarakat harus taat
kepada . . . .
5.
Tata tertib sekolah bertujuan untuk menciptakan . . . .
Kunci Jawaban
1.
Semua warga negara
2.
Hancur
3.
Siskamling
4.
Aturan yang berlaku
5.
keamanan
Mengetahui,
Kepala Sekolah
SLAMET
RIYADI, S.Pd
NIP
132 026 154
|
Koya Barat, 9 Oktober 2010
Guru Kelas
T
O I J A H, S.Pd
NIP
|
Lembar
Kerja Siswa
(LKS)
1.
Apa yang kalian lihat dalam gambar?
Jelaskan!
2.
Mengapa mereka harus antre di loket?
3.
Seandainya ada seratus orang yang hendak
ke loket dan tidak antre, apa yang akan terjadi?
4.
Apa akibat bila tidak mematuhi
peraturan?
5.
Seandainya kamu sedang antre dan berada
di urutan depan, dan kamu melihat ada seorang kakek antre di belakang.
Bagaimana sikap kamu?
Selamat
bekerja
Jawaban!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar