RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah                       :   
Mata Pelajaran          :   SAINS
Materi Pokok             :   Makhluk
Hidup dan Lingkungannya
Pertemuan / waktu   :   Kedua  / 2 x 30 menit
Metode                        :   Ceramah
A.   Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai
makanan)
B.   Indikator
- Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
- Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana
C.   Materi Essensial
Rantai
Makanan (hlm.90)
D.   Media Belajar
o  
Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV
E.   Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
| 
 
o  
  Mengulang materi pertemuan sebelumnya. 
o  
  Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk
  hidup. | 
(5 menit) | 
| 
 
o  
  Mengulang kembali cara kerja hidung. 
o  
  Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup yang
  dapat berdiri sendiri 
o  
  Mampu mendeskripsikan pengertian produsen dan konsumen 
o  
  Memahami rantai makanan pada suatu ekosistem, misalnya
  pada ekosistem sawah. 
                        PADI → TIKUS → ULAR 
Tikus
  dan ular tidak dapat membuat makannya sendiri. 
o  
  Melakukan tugas 5.5 (hlm92) | 
(50 menit) | 
| 
 
o  
  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan
  bahawa rantai makanan tersusun dari produsen dan konsumen 
o  
    | 
(5 menit) | 
| 
 
o  
  Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem
  lain. |  | 
| 
Mengetahui  
Kepala Sekolah  
................................ |  | 
.................., ............       
Guru Mapel IPA    
................................ | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar