RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah :
Mata Pelajaran : SAINS
Materi Pokok : Makhluk
Hidup dan Lingkungannya
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai
makanan)
B. Indikator
- Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
- Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana
C. Materi Essensial
Rantai
Makanan (hlm.90)
D. Media Belajar
o
Buku
SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o
Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o
Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk
hidup.
|
(5 menit)
|
o
Mengulang kembali cara kerja hidung.
o
Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup yang
dapat berdiri sendiri
o
Mampu mendeskripsikan pengertian produsen dan konsumen
o
Memahami rantai makanan pada suatu ekosistem, misalnya
pada ekosistem sawah.
PADI → TIKUS → ULAR
Tikus
dan ular tidak dapat membuat makannya sendiri.
o
Melakukan tugas 5.5 (hlm92)
|
(50 menit)
|
o
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan
bahawa rantai makanan tersusun dari produsen dan konsumen
o
|
(5 menit)
|
o
Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem
lain.
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
................................
|
|
.................., ............
Guru Mapel IPA
................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar