Minggu, 10 Juni 2012

RPP Kelas IV


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                       :  
Mata Pelajaran          :   SAINS
Materi Pokok             :   Makhluk Hidup dan Lingkungannya
Pertemuan / waktu   :   Kedua  / 2 x 30 menit
Metode                        :   Ceramah

A.   Kompetensi Dasar
5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan)

B.   Indikator
  • Mengamati bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan di lingkungan sekitar.
  • Menggambarkan hubungan makan dan dimakan antarmakhluk hidup melalui rantai makanan sederhana

C.   Materi Essensial
Rantai Makanan (hlm.90)

D.   Media Belajar
o   Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas IV

E.   Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa


  1. Pendahuluan
o   Mengulang materi pertemuan sebelumnya.
o   Memahami kembali peta konsep tentang hubungan makhluk hidup.


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o   Mengulang kembali cara kerja hidung.
o   Memahami bahwa tidak ada satupun mahkluk hidup yang dapat berdiri sendiri
o   Mampu mendeskripsikan pengertian produsen dan konsumen
o   Memahami rantai makanan pada suatu ekosistem, misalnya pada ekosistem sawah.
                        PADI → TIKUS → ULAR
Tikus dan ular tidak dapat membuat makannya sendiri.

o   Melakukan tugas 5.5 (hlm92)


(50 menit)

  1. Penutup
o   Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyimpulkan bahawa rantai makanan tersusun dari produsen dan konsumen
o    

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   Mengumpulkan atau mencari rantai makanan pada ekosistem lain.






Mengetahui
Kepala Sekolah




................................

.................., ............     
Guru Mapel IPA  




................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar