Kepala SD Inpres Kuipons Kab Jayapura
PENETAPAN
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)
Ø
KKM ditetapkan pada awal tahun
pelajaran
Ø
KKM ditetapkan oleh forum KKG/Guru
sekolah
Ø
KKM dinyatakan dalam bentuk
persentase berkisar antara 0 – 100
Ø
Kriteria ditetapkan untuk masing-masing
indikator idealnya berkisar 75 %
Ø
Sekolah dapat menetapkan KKM dibawah
kriteria ideal
Ø
Dalam menentukan KKM dengan
mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik, kompleksitas
indikator dan kemampuan sumber daya pendukung.
Ø
KKM dapat dicantumkan dalam LHBS
sesuai model yang dipilh sekolah.
KRITERIA
PENETAPAN KKM
• Kompleksitas
indikator (Kesulitan & Kerumitan)
• Daya
dukung (sarana/prasarana, kemampuan guru, lingkungan, dan biaya)
• Intake
siswa (masukan kemampuan siswa)
MENAFSIRKAN
KKM
A.
Dengan memberikan point pada setiap
kriteria yang ditetapkan :
1.
Kompleksitas : - Tinggi =
1
- Sedang = 2
- Rendah = 3
2.
Daya dukung : - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1
3.
Intake
: - Tinggi = 3
- Sedang = 2
- Rendah = 1
Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan
intake siswa sedang ® KKM menjadi :
(3
+ 3 + 2) x 100 = 88.89 % = 9
B.
Dengan menggunakan rentang nilai pada setiap kriteria:
1. Kompleksitas
: - Tinggi = 50-64
- Sedang = 65-80
- Rendah = 81-100
2. Daya dukung
: - Tinggi = 81-100
- Sedang = 65-80
- Rendah = 50-64
3.
Intake
: - Tinggi = 81-100
- Sedang = 65-80
- Rendah = 50-64
Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas sedang, daya dukung tinggi dan
intake sedang ® KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang
kita tentukan.
Dalam
menentukan rentang nilai dan menentukan nilai dari setiap kriteria perlu
kesepakatan dalam forum MGMP
C.
Dengan memberikan pertimbangan professional judgment pada setiap kriteria untuk
menetapkan nilai :
1.
Kompleksitas
: - Tinggi
- Sedang
- Rendah
2. Daya
dukung
: - Tinggi
- Sedang
- Rendah
3.
Intake
: - Tinggi
- Sedang
- Rendah
Jika
indikator memiliki Kriteria : kompleksitas rendah, daya Dukung tinggi dan
intake siswa sedang à maka dapat dikatakan hanya satu komponen yang mempengaruhi
untuk mencapai ketuntasan maksimal 100 yaitu intake sedang. Jadi guru
dapat menetapkan kriteria ketuntasan antara 90 – 80
TINGKAT
KOMPLEKSITAS
(Kesulitan
& Kerumitan) setiap Indikator Pencapaian/Kompetensi Dasar yang harus
dicapai oleh siswa.
Tingkat
Kompleksitas Tinggi, bila dlm pelaksanaannya menuntut :
• SDM
ü
memahami Kompetensi yang hrs
dicapai Siswa
ü
kreatif dan inovatif dlm
melaksanakan pembelajaran.
• WAKTU
ü
cukup lama karena perlu pengulangan
• PENALARAN
dan KECERMATAN siswa yang tinggi.
KEMAMPUAN
SUMBERDAYA PENDUKUNG:
yaitu
tenaga, sarana dan prasarana pendidikan, Biaya, manajemen, Komite Sekolah, dan
stakeholders sekolah.
INTAKE
(TINGKAT KEMAMPUAN RATA-RATA) SISWA :
Intake
merupakan :
hasil seleksi Penerimaan Siswa Baru
(PSB),
Rapor kelas terakhir dari tahun sebelumnya,
test seleksi masuk atau
psikotes
Nilai Ujian Nasional bagi jenjang
SMP/SMPLB/MTs, SMA/SMALB/MA, SMK
Tujuan
Analisis :
mengetahui
tingkat ketercapaian KKM yang telah ditetapkan.
Manfaat
Analisis :
Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada tahun berikutnya.
Jika
Anda membutuhkan filenya Download di bawah ini
Pedoman Penetapan KKM dan Format Penetapan KKM (excel) berupa apilkasi
sederhana tetapi praktis untuk Kelas 1 - 6
(semua Mata Pelajaran), Mata Pelajaran pendidikan Agama Islam, juga Mata
Pelajaran Pendidikan jasmani dan Olahraga. Anda tinggal memasukkan
nilai pada kolom Kompleksitas, Daya dukung, dan Intake, maka akan ketemu
KKM-nya. Tuliskan Nama / NIP Kepala Sekolah dan Nama/NIP Guru pada sheet PKn
maka akan ngelink pada sheet-sheet berikutnya. Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar