LAPORAN
SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEPTEMBER - OKTOBER 2012
Di Susun
Oleh
KEPALA SD INPRES KUIPONS
SLAMET RIYADI, S.Pd
NIP. 197409071996061002
PEMERINTAH KABUPATEN JAYAPURA
DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI PAPUA
2012
I.
Pendahuluan
Dalam
rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menuju standar proses perlu dilakukan
upaya yang sistematis dan berkelanjutan, diantaranya melalui program supervisi
akademik terhadap guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Supervisi akademik mencakup
kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan
utama supervisi akademik adalah perbaikan proses belajar mengajar untuk
meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran..
Sasaran
utama supervisi akademik adalah kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan
pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran,
memanfaatkan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pembelajaran,
menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar
yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode,
teknik) yang tepat. Supervisi akademik didukung oleh instrumen-instrumen yang
sesuai.
Supervisi
akademik melalui pendekatan klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran, siswa akan terlayani secara baik untuk meningkatkan kemampuan
sesuai potensinya, serta meningkatkan prestasi dan prosentase lulusan dari
satuan pendidikan.
II.
Dasar Hukum
a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006
Tentang Standar Isi
b. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007
Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah
c. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007
Tentang Standar Pengelolaan
d. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007
Tentang Standar Proses
e. Program Kerja SD INPRES KUIPONS Tahun 2012/2013
III.
Tujuan
supervisi
a. Meningkatkan
kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di
kelas.
b. Meningkatkan
manajemen dan administrasi guru kelas maupun guru mata pelajaran.
c. Meningkatkan
layanan profesionalisme guru kepada peserta didik
d. Mengevaluasi
kinerja guru dalam rangka pembinaan guru.
IV. Teknik supervisi
Supervisi dilakukan secara
individual dan kelompok. Supervisi individual dilakukan terhadap guru sasaran
melalui observasi kelas, supervisi kelompok dilakukan melalui pertemuan secara
periodik sebelum dan setelah dilakukan supervisi individual terhadap pembinaan
yang sifatnya umum
V.
Sasaran
obyek kegiatan dan subyek
Sasaran
obyek supervisi adalah kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan
kemampuan guru melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada student center, kontekstual, dan PAKEM .
Subyek supervisi adalah semua guru kelas
dan guru mata pelajaran.
VI.
Waktu pelaksanaan dan supervisor
Waktu pelaksanaan supervisi pada semester ganjil
dilakukan pada bulan September sampai Oktober, sedangkan pada semester
genap dilakukan pada bulan Maret sampai April. Petugas
supervisi (supervisor) dilakukan oleh
kepala sekolah bekerjasama dengan pengawas
pembina dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran yang di supervisi.
VII. Lampiran-Lampiran
a. Jadwal
Supervisi
b. Instrumen
Hasil Penilaian supervisi
c. Form
Rekapitulasi hasil supervise
d. Foto
Kegiatan Supervisi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
LAMPIRAN
1
JADWAL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS NIMBOKRANG
SEMESTER I (SATU)
TAHUN PELAJARAN 2012./ 2013
No
|
Nama Guru
|
Hari, Tanggal
|
Jam
Pelaj ke
|
Mapel
|
Kelas Sasaran
|
Nama Supervisor
|
Ket
|
1.
|
Lemina
Dodop,S.Pd
|
02 Okt 2012
|
5-6
|
SBK
|
III
|
Slamet Riyadi
|
|
2
|
M.
Daka, S.Pd
|
24 Sept
2012
|
1-2
|
PKN
|
II
|
Slamet Riyadi
|
|
3
|
Ariance
Hawase
|
18 Sept
2012
|
3-4
|
Pend. Ag Kristen
|
VI
|
Slamet Riyadi
|
|
4
|
Toijah,
S.Pd
|
25
Sept 2012
|
4-5
|
Bhs Indo
|
V
|
Slamet Riyadi
|
|
5
|
Mugiyanto,
S.Pd
|
27 Sept 2012
|
1-2
|
IPS
|
III
|
Slamet Riyadi
|
|
6
|
Martince
Giay,S.Pd
|
01 Okt
2012
|
4-5
|
IPS
|
I
|
Slamet Riyadi
|
|
7
|
Sujono,
S.Pd
|
24 Sept 2012
|
1-2
|
MAT
|
IV
|
Slamet Riyadi
|
|
8
|
Samsudin,
A.Ma.Pd
|
17 Sept 2012
|
1-2
|
IPA
|
VI
|
Slamet Riyadi
|
|
9
|
Surianti,
S.Pd
|
02 Okt
2012
|
5-6
|
IPA
|
II
|
Slamet Riyadi
|
|
10
|
Dwi
Yuli Astuti,S.Pd
|
25 Sept
2012
|
5-6
|
SBK
|
V
|
Slamet Riyadi
|
|
11
|
Husni
Ohee
|
27 Sept 2012
|
1-2
|
Penjas
|
IV
|
Slamet Riyadi
|
|
Nimbokrang, 02 Oktober 2012
Kepala Sekolah,
(SLAMET RIYADI, S.Pd)
Nip. 19740907199606 1 002
PENILAIAN
PERSIAPAN PEMBELAJARAN DAN
PENGAMATAN
PROSES BELAJAR MENGAJAR
IDENTITAS
GURU
1. Nama guru : …………………………………………………………
2. Mata pelajaran : …………………………………………………………
3. Topik / Tema
: …………………………………………………………
4. Kelas/Semester
: …………………………………………………………
5. Hari/tanggal : …………………………………………………………
6. Waktu : …………………………………………………………
NO
|
ASPEK
KEGIATAN / KONDISI
|
SKOR
|
KETERANGAN
|
||||
I.
PERSIAPAN
|
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Standar kompetensi / Kompetensi Dasar / Silabus
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Program Tahunan / Program
Semester
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pemetaan Standar
Kompetensi, Topic / Tema
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Desain Pembelajaran /
Rencana Pelajaran , SKM / SKH
|
|
|
|
|
|
|
5
|
L K S
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Daftar Nilai
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Daftar Hadir Siswa /
Absensi
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Jurnal Kelas / Guru
|
|
|
|
|
|
|
II.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
|
|
|
|
|
|
|
A.
|
PENDAHULUAN
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Apersepsi / Prasarat
pengetahuan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Menuliskan / menyampaikan
tujuan / Indikator
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Motivasi
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pra eksperimen *
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Membahas tugas ( PR )
sebelumnya
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
KEGIATAN POKOK / KEGIATAN INTI
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Penggunaan metode /
pendekatan sesuai dengan materi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Penggunaan alat peraga / alat bantu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Penggunaan LKS
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Bimbingan guru kepada siswa
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Pengembangan ketrampilan
siswa : Menggunakan alat, pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan,
pengungkapan, presentasi
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Menghubungkan materi dengan
budi pekerti, kehidupan sehari-hari, tehnologi dan lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pencapaian tujuan /
indikator
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Penilaian
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Membuat kesimpulan /
Rangkuman / Pengembangan
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Memberikan tugas rumah ( PR )
|
|
|
|
|
|
|
III.
PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
|
1
|
Penyajian sesuai dengan urutan materi
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pengelolaan waktu
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Tehnik bertanya
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pengelolaan kelas
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Penguasaan Materi
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Penggunaan Papan Tulis
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Penggunaan bahasa Indonesia
yang baik dan benar
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Penampilan / Performance
Guru
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penilaian :
4
|
=
|
ada, sesuai, lengkap, teratur
|
4,00
|
3
|
|
ada, sesuai, lengkap, kurang
teratur
|
3,00
|
2
|
=
|
ada, sesuai, tidak lengkap,
tidak teratur
|
2,00
|
1
|
=
|
ada, tidak sesuai, tidak
lengkap,tidak teratur
|
1,00
|
0
|
=
|
tidak ada
|
0
|
* Tidak dinilai
Skor Maksimal : 4 x 31 =
124
Jumlah
SkorPerolehan
Nilai = x 100
Jumlah
skor maksimal
Klasifikasi nilai :
|
||||||
3,10
|
-
|
4,00
|
=
|
Amat Baik
|
A
|
|
2,10
|
-
|
3,00
|
=
|
Baik
|
B
|
|
1,10
|
-
|
2,00
|
=
|
Cukup
|
C
|
|
0,10
|
-
|
1,00
|
=
|
Kurang
|
D
|
|
Kesimpulan :
.................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………
Saran – Saran :
...................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………..
Nimbokrang, ……………….. 2013
KEPALA
SEKOLAH, GURU
MATA PELAJARAN,
…………………………... ……………………………….
Nip.
- NIP.
-
LAMPIRAN:
2
REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEMESTER
1 (SATU)
TAHUN
PELAJARAN 2012/ 2013
No
|
Nama Guru
|
Mapel
|
Kelas
|
Hasil skor
|
Catatan Khusus
|
Tindak lanjut
|
Realisasi Tindak
lanjut
|
|
Kualita
|
Kuanti
|
|||||||
1.
|
L.
DODOP
|
SBK
|
III
|
Amat baik
|
96%
|
Dipertahankan
agar lebih sempurna
|
Perlu tingkatkan
|
Amat baik
|
2
|
M.
DAKA
|
PKn
|
II
|
Amat baik
|
98%
|
Dipertahankan
agar lebih sempurna
|
Perlu tingkatkan
|
Amat baik
Perlu di pertahankan
|
3
|
A.HAWASE
|
PGAK
|
IV
|
Baik
|
90%
|
Ditingkatkn
KBM nya dan dilengkapi kekurangnnya
|
Akan
di supervise kembali
|
Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna
|
4
|
M.
GIAY
|
IPS
|
I
|
Amat Baik
|
93%
|
Ditingkatkan
lagi prestasinya
|
Perlu tingkatkan
|
Amat baik
Perlu di pertahankan
|
5
|
TOIJAH
|
B. Indo
|
V
|
Amat
Baik
|
98%
|
Dipertahankan
agar lebih sempurna
|
Perlu tingkatkan
|
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
|
6
|
MUGIYANTO
|
IPS
|
III
|
Amat Baik
|
98%
|
Dipertahankan
agar lebih sempurna
|
Perlu tingkatkan
|
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
|
7
|
SUJONO
|
MTK
|
IV
|
Amat Baik
|
98%
|
Dipertahankan
agar lebih sempurna
|
Perlu tingkatkan
|
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
|
8
|
SAMSUDIN
|
IPA
|
III
|
Amat Baik
|
97%
|
Coba
gunakan percobaan eksperimen
|
Perlu tingkatkan
|
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
|
9
|
SURIANTI
|
IPA
|
II
|
Amat Baik
|
95%
|
Perlu
ditingkatkan lagi dan dilengkapi yg lainnya
|
Akan
di supervise kembali
|
Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna
|
10
|
D.Y.
ASTUTI
|
Pend Ag. Islam
|
V
|
Sgt Baik
|
95%
|
Perlu tingkatkan lagi
|
Perlu tingkatkan
|
Agar lebih sempurna lagi
|
11
|
HUSNI
OHE
|
Penjas
|
IV
|
Baik
|
96%
|
Pertahankan
prestasinya dan kekurangan nya dilengkapi
|
Akan
di supervise kembali
|
Setelah di supervisi kembali hasilnya sempurna
|
Nimbokrang,
03 Oktober 2012
Kepala Seolah,
(SLAMET RIYADI, S.Pd)
Nip. 197409071996061002
LAMPIRAN:4
terima kasih
BalasHapusizin copas pak, sangat bagus
BalasHapusIzin untuk unduh pak. Caranya?
BalasHapusMakasih banyak pak....kebetulan saya sedang menyusun dokumen hasil supervisi...
BalasHapusIjin unduh pak``` trima kasih
BalasHapusIjin mengkopy Pa atau kl bisa mengunduh, Gm caranya?
BalasHapusijin copy ya pak Riyadi,makasih
BalasHapusIjin copy Pak baru menyiapkan laporan supervisi klinis
BalasHapusIzin copas ya pak, trimakasih
BalasHapussemoga banyak faedah nya ...ilmu buat kami pak
BalasHapusthx n mhn ijin copas
BalasHapusTerima kasih pak... atas ilmu yg berguna
BalasHapusIjin copas paakk
BalasHapusTerimakasih sbg referensi.
BalasHapusbagus pak sangat bermanfaat untuk menambah kekurangan yg ada pada saya dan terimakasih tambah sukses kedepannya pak
BalasHapusMOHON IZIN COPAS YA PAK. SEMOGA TUHAN YANG MEMBALAS KEBAIKAN BAPAK. AMIN
BalasHapusMOHON IZIN UNTUK MENYALIN SEBAGAI REFERENSI PEMBUATAN LAPORAN SUPERVISI...TERIMA KASIH PA
BalasHapusMohon Ijin copasus (copy Paste Ubah Sikit) pak, hanya tuhan yg mampu membalas kebaikan bpk
BalasHapusbagus, mohon ijin copas, trm ksih
BalasHapusijin copas ya pak, makasih sangat bermanfaat sekali
BalasHapusIzin copas pak,terma kasih
BalasHapusIJIN COPAS NGGIH PAK
BalasHapusIzin copas pak nggih, terima kasih atas ilmunya dan sangat bermanfaat sekali
BalasHapus