Jumat, 10 Mei 2013

Slamet Riyadi: Contoh Laporan Supervisi









LAPORAN

SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEPTEMBER - OKTOBER 2012



Di Susun
Oleh

KEPALA SD INPRES KUIPONS

SLAMET RIYADI, S.Pd
NIP. 197409071996061002










PEMERINTAH KABUPATEN JAYAPURA
DINAS PENDIDIKAN
PROVINSI PAPUA
2012


I.     Pendahuluan
Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran menuju standar proses perlu dilakukan upaya yang sistematis dan berkelanjutan, diantaranya melalui program supervisi akademik terhadap guru mata pelajaran dan guru pembimbing. Supervisi akademik mencakup kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan utama supervisi akademik adalah perbaikan proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu proses dan mutu hasil pembelajaran..

Sasaran utama supervisi akademik adalah kemampuan guru dalam merencanakan kegiatan pembelajaran, melaksanakan kegiatan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, memanfaatkan hasil penilaian untuk peningkatan layanan pembelajaran, menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memanfaatkan sumber belajar yang tersedia, dan mengembangkan interaksi pembelajaran (strategi, metode, teknik) yang tepat. Supervisi akademik didukung oleh instrumen-instrumen yang sesuai.

Supervisi akademik melalui pendekatan klinis diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, siswa akan terlayani secara baik untuk meningkatkan kemampuan sesuai potensinya, serta meningkatkan prestasi dan prosentase lulusan dari satuan pendidikan.

II.    Dasar Hukum
a.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
b.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah
c.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan
d.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses
e.    Program Kerja SD INPRES KUIPONS Tahun 2012/2013

III.   Tujuan supervisi
a.    Meningkatkan kompetensi guru dalam merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran di kelas.
b.    Meningkatkan manajemen dan administrasi guru kelas maupun guru mata pelajaran.
c.    Meningkatkan layanan profesionalisme guru kepada peserta didik
d.    Mengevaluasi kinerja guru dalam rangka pembinaan guru.

IV.  Teknik supervisi
Supervisi dilakukan secara individual dan kelompok. Supervisi individual dilakukan terhadap guru sasaran melalui observasi kelas, supervisi kelompok dilakukan melalui pertemuan secara periodik sebelum dan setelah dilakukan supervisi individual terhadap pembinaan yang sifatnya umum

V.   Sasaran obyek kegiatan dan subyek
Sasaran obyek supervisi adalah kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran dan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran yang berorientasi pada student center, kontekstual, dan PAKEM . Subyek  supervisi adalah semua guru kelas dan guru mata pelajaran.

VI.  Waktu pelaksanaan dan supervisor
Waktu pelaksanaan supervisi pada semester ganjil dilakukan pada bulan September sampai  Oktober, sedangkan pada semester genap dilakukan pada bulan Maret sampai April. Petugas supervisi (supervisor) dilakukan oleh kepala sekolah bekerjasama dengan pengawas pembina dan guru senior yang sesuai dengan mata pelajaran yang di supervisi.

VII. Lampiran-Lampiran
a.   Jadwal Supervisi
b.   Instrumen Hasil Penilaian supervisi
c.   Form Rekapitulasi hasil supervise
d.   Foto Kegiatan Supervisi Guru Kelas/Guru Mata Pelajaran
















LAMPIRAN 1

JADWAL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS NIMBOKRANG
SEMESTER I (SATU)
TAHUN PELAJARAN 2012./ 2013

No
Nama Guru
Hari, Tanggal
Jam Pelaj ke
Mapel
Kelas Sasaran
Nama Supervisor
Ket
1.
Lemina Dodop,S.Pd
02 Okt 2012
5-6
SBK
III
Slamet Riyadi

2
M. Daka, S.Pd
24 Sept 2012
1-2
PKN
II
Slamet Riyadi

3
Ariance Hawase
18 Sept 2012
3-4
Pend. Ag Kristen
VI
Slamet Riyadi

4
Toijah, S.Pd
25 Sept 2012
4-5
Bhs Indo
V
Slamet Riyadi

5
Mugiyanto, S.Pd
27 Sept 2012
1-2
IPS
III
Slamet Riyadi

6
Martince Giay,S.Pd
01 Okt 2012
4-5
IPS
I
Slamet Riyadi

7
Sujono, S.Pd
24 Sept 2012
1-2
MAT
IV
Slamet Riyadi

8
Samsudin, A.Ma.Pd
17  Sept 2012
1-2
IPA
VI
Slamet Riyadi

9
Surianti, S.Pd
02 Okt 2012
5-6
IPA
II
Slamet Riyadi

10
Dwi Yuli Astuti,S.Pd
25 Sept 2012
5-6
SBK
V
Slamet Riyadi

11
Husni Ohee
27 Sept 2012
1-2
Penjas
IV
Slamet Riyadi

                                                                             
Nimbokrang, 02 Oktober 2012

                                                                                          Kepala Sekolah,

                                                                                         


     (SLAMET RIYADI, S.Pd)
  Nip. 19740907199606 1 002


PENILAIAN PERSIAPAN PEMBELAJARAN DAN
PENGAMATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR


IDENTITAS GURU

1. Nama guru                 : …………………………………………………………
2. Mata pelajaran            : …………………………………………………………
3. Topik / Tema               : …………………………………………………………
4. Kelas/Semester          : …………………………………………………………
5. Hari/tanggal                 : …………………………………………………………
6. Waktu                          : …………………………………………………………
NO
ASPEK KEGIATAN / KONDISI 
SKOR
KETERANGAN
I.     PERSIAPAN
0
1
2
3
4
1
Standar kompetensi / Kompetensi Dasar / Silabus






2
Program Tahunan / Program Semester






3
Pemetaan Standar Kompetensi, Topic / Tema






4
Desain Pembelajaran / Rencana Pelajaran , SKM / SKH






5
L K S






6
Daftar Nilai






7
Daftar Hadir Siswa / Absensi






8
Jurnal Kelas / Guru






II.    KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR






A.
PENDAHULUAN






1
Apersepsi / Prasarat pengetahuan






2
Menuliskan / menyampaikan tujuan / Indikator






3
Motivasi






4
Pra eksperimen *






5
Membahas tugas ( PR ) sebelumnya






B.
KEGIATAN POKOK / KEGIATAN INTI






1
Penggunaan metode / pendekatan sesuai dengan materi






2
Penggunaan alat peraga / alat bantu






3
Penggunaan LKS






4
Keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar






5
Bimbingan guru kepada siswa






6
Pengembangan ketrampilan siswa : Menggunakan alat, pemecahan masalah, pemanfaatan lingkungan, pengungkapan, presentasi 






7
Menghubungkan materi dengan budi pekerti, kehidupan sehari-hari, tehnologi dan lingkungan 






8
Pencapaian tujuan / indikator






9
Penilaian






C.
PENUTUP






1
Membuat kesimpulan / Rangkuman / Pengembangan






2
Memberikan tugas rumah  ( PR )






III.  PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 






1
Penyajian sesuai dengan urutan materi






2
Pengelolaan waktu






3
Tehnik bertanya






4
Pengelolaan kelas






5
Penguasaan Materi






6
Penggunaan Papan Tulis






7
Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar






8
Penampilan / Performance Guru






Jumlah skor









Keterangan Penilaian :
4
=
ada, sesuai, lengkap, teratur
4,00
3

ada, sesuai, lengkap, kurang teratur
3,00
2
=
ada, sesuai, tidak lengkap, tidak teratur
2,00
1
=
ada, tidak sesuai, tidak lengkap,tidak teratur
1,00
0
=
tidak ada
0
* Tidak dinilai
Skor Maksimal : 4  x 31    = 124
                                Jumlah SkorPerolehan
Nilai        =                                                                 x 100
                                Jumlah skor maksimal



Klasifikasi nilai :

3,10
-
4,00
=
Amat Baik 
A
2,10
-
3,00
=
Baik
B
1,10
-
2,00
=
Cukup
C
0,10
-
1,00
=
Kurang
D








               
Kesimpulan    :  .................................................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………

Saran – Saran : ...................................................................................................................................................................................
...................................................................................................................................................................................
……………………………………………………………………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………………………………………..


               Nimbokrang, ………………..  2013

KEPALA SEKOLAH,                                                         GURU MATA PELAJARAN,           




                                …………………………...                                                  ……………………………….
                                Nip.   -                                                                                    NIP. -










LAMPIRAN: 2
REKAPITULASI HASIL SUPERVISI AKADEMIK
SD INPRES KUIPONS
SEMESTER 1 (SATU)
TAHUN PELAJARAN 2012/ 2013
No
Nama Guru
Mapel
Kelas
Hasil skor
Catatan Khusus
Tindak lanjut
Realisasi Tindak lanjut
Kualita
Kuanti
1.
L. DODOP
SBK
III
Amat baik
96%
Dipertahankan agar lebih sempurna
Perlu tingkatkan
Amat baik
2
M. DAKA
PKn
II
Amat baik
98%
Dipertahankan agar lebih sempurna
Perlu tingkatkan
Amat baik
Perlu di pertahankan
3
A.HAWASE
PGAK
IV
Baik
90%
Ditingkatkn KBM nya dan dilengkapi kekurangnnya
Akan di supervise kembali
Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna
4
M. GIAY
IPS
I
Amat Baik
93%
Ditingkatkan lagi prestasinya
Perlu tingkatkan
Amat baik
Perlu di pertahankan
5
TOIJAH
B. Indo
V
Amat Baik
98%
Dipertahankan agar lebih sempurna
Perlu tingkatkan
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
6
MUGIYANTO
IPS
III
Amat Baik
98%
Dipertahankan agar lebih sempurna
Perlu tingkatkan
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
7
SUJONO
MTK
IV
Amat Baik
98%
Dipertahankan agar lebih sempurna
Perlu tingkatkan
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
8
SAMSUDIN
IPA
III
Amat Baik
97%
Coba gunakan percobaan eksperimen
Perlu tingkatkan
Ditingkatkan lagi agar lbh sempurna
9
SURIANTI
IPA
II
Amat Baik
95%
Perlu ditingkatkan lagi dan dilengkapi yg lainnya
Akan di supervise kembali
Setelah di supervisi kembali hasilnya lbh sempurna
10
D.Y. ASTUTI
Pend Ag. Islam
V
Sgt Baik
95%
Perlu tingkatkan lagi
Perlu tingkatkan
Agar lebih sempurna lagi
11
HUSNI OHE
Penjas
IV
Baik
96%
Pertahankan prestasinya dan kekurangan nya dilengkapi
Akan di supervise kembali
Setelah di supervisi kembali hasilnya sempurna
                                                                             
Nimbokrang, 03 Oktober 2012

                                                                                          Kepala Seolah,

                                                                                         


     (SLAMET RIYADI, S.Pd)
   Nip. 197409071996061002




LAMPIRAN:4


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar